Manfaat Moisture Meter di Bidang Pertanian

0
BERBAGI
Manfaat Moisture Meter di Bidang Pertanian

Manfaat Moisture Meter di Bidang Pertanian – Bagi kamu yang masih asing mendengar kata moisture meter, moisture meter ini merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur kadar air atau tingkat kekeringan. Moisture meter ini juga sering disebut tester kadar air, karena alat ini memang digunakan sebagai alat test kadar air.

Manfaat Moisture Meter di Bidang Pertanian

Di bidang pertanian, alat moisture meter ini begitu diperlukan. Jika PH Meter tanah digunakan untuk mengukur PH dan Parameter kesuburan tanah, Alat ini nantinya dibutuhkan ketika hasil pertanian (panen) sudah terkumpul. Kita tentu sepakat bahwa jika masalah penyimpanan hasil pertanian, seperti gabah, jagung dan biji -bijian lainnya tidak boleh sembarangan.

Tidak hanya itu, dengan mengukur kadar air pada hasil komoditi panen diharapkan akan bisa diketahui apakah bahan sudah siap untuk digunakan atau belum. Perlu kamu ketahui tingkat kadar air sangat berpengaruh pada sifat fisik benda.

Dibidang pertanian Alat ukur ini banyak digunakan untuk mengukur kandungan air dari biji-bijian seperti gandum, gabah, sorgum, jagung, tembakau, jerami dan yang lainnya. Dengan dilakukan pengukuran maka diketahui berapa tingkat kekeringannya, hal ini tentu saja sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas produk di pasaran.

Apakah Perseorangan Membutuhkan Moisture Meter ?

Pada skala perusahaan besar alat ini sudah merupakan alat yang wajib digunakan ketika mengukur kadar air bahan baku mereka. Namun bagi Anda yang masih perseorangan pun bisa menggunakan alat ini karena tingkat keakuratanya lebih bisa dipertangungjawabkan.

Jika dahulu untuk mengukur kelembaban kadar air beras, jagung dan bijian lainya masih menggunakan teknik feeling maka Anda patut mencoba alat yang bernama moisture meter ini. Selain alat ini lebih bisa dipertanggungjawabkan tingkat keakuratannya, dengan alat ini bisa dengan mudah dan cepat untuk mengukur kadar air bijian dalam jumlah besar.

Meskipun teknik feeling ini masih dipertahankan sampai saat ini oleh orang-orang yang sudah puluhan taun berpengalaman dibidang beras, jagung, cengkeh dan lainya, namun terkadang persentase kadar air yang terkandung di dalamnya tidak tepat dari perkiraan karena seiring berjalannya waktu indra perasa pun berkurang tingkat kepekaannya.

Baca Juga : Alat Uji Kualitas Karet Ban

Kini alat dan teknologi pun semakin canggih sehingga sudah selayaknya Anda mencoba menggunakan moisture meter. Menggunakan alat indra (teknik feeling) boleh-boleh saja, namun Anda pertimbangkan kembali apakah hal tersebut bisa stabil dan bisa digunakan untuk menguji kadar air dalam jumlah yang besar.

Solusi terbaik adalah dengan kombinasi dari alat indra (teknik feeling) dan alat ukur (moisture meter), dengan demikian Anda bisa melihat dan membandingkan hasil dari kedua nya

Bagaimana Prinsip Kerja Dari Moisture Meter Tersebut ?

Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengukur kadar air, dua cara serta prinsip kerja yang sering digunakan untuk menentukan kandungan air dari suatu zat adalah :

Termogravimetri

Termogravimetri adalah jenis pengujian yang dilakukan pada sampel untuk menentukan perubahan berat-susut(weight-loss) dalam kaitannya dengan perubahan suhu. Tingkat ketepatan dari analisa tersebut dipengaruhu berat, suhu, dan perubahan suhu. Jika menggunakan prinsip termogravimetri maka dilakukan dengan pemanasan serta penimbangan. Hasil akhir dari nilai kandungan air dengan metode ini adalah dengan menghitung selisih berat sebelum pemanasan serta setelah pemanasan dilakukan.

Konduktometri

Konduktometri adalah teknik pengukuran kadar air yang menggunakan teknik elektrik, di mana pengukuran didasarkan kepada konduktivitas maupun hantaran listrik. Kadar air akan berbanding linear terhadap kapasitas listrik yang diukur. Hantaran listrik tersebut akan ditangkap oleh alat yang dinamakan detektor.

Nah itulah tadi mengenai manfaat moisture meter di bidang pertanian. Untuk mengenal lebih jauh tentang alat ukur dan alat uji, ikuti artikel kami di situs Ukur Kadar.

Sampai bertemu di artikel lainnya.

LEAVE A REPLY