Mengenal Pengukuran

0
BERBAGI
Mengenal pengukuran
Mengenal pengukuran

Setiap hari kita pasti selalu melakukan pengukuran. Baik itu waktu, jarak, jumlah, dan lain sebagainya. Tetapi, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan pengukuran? Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai pengukuran. Kita akan mengenal lebih dekat dengan pengukuran.

Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas suatu obyek terhadap suatu standar atau satuan ukur tertentu. Pengukuran tidak terbatas pada kuantitas fisik tetapi juga dapat diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang dapat dibayangkan. Pengukuran merupakan dasar dari perdagangan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan penelitian kuantitatif dalam banyak disiplin ilmu.

Untuk melakukan pengukuran itu sendiri kita membutuhkan suatu alat. Alat yang digunakan dalam proses pengukuran disebut dengan alat ukur. Alat ukur terdiri dari banyak jenis sesuai dengan obyek yang diukur dan apa yang diukur. Sebagai contoh, untuk menentukan kadar air dalam suatu biji-bijian maka kita membutuhkan alat ukur kadar air biji-bijian. Sudah tentu alat ukur kadar air bijian tersebut memiliki berbagai model yang mana salah satunya adalah JV-010S (silakan lihat Alat Ukur Kadar Air Bijian JV-010S).

Untuk pengukuran itu sendiri dapat dipelajari lebih lanjut dalam disiplin ilmu tersendiri. Jika kamu ingin mempelajari tentang pengukuran, kamu dapat mulai belajar tentang metrologi. Jadi, metrologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tata cara pengukuran dan kalibrasi. Dan badan yang menangani tentang pengukuran serta alat ukur adalah badan metrologi (bedakan dengan badan meteorologi yang berkaitan dengan atmosfer).

Banyak yang menyangka bahwa metrologi merupakan hal yang sama dengan meteorologi. Sebenarnya cukup berbeda antara metrologi dan meteorologi. Kita sudah tahu bahwa metrologi merupakan ilmu tentang pengukuran. Sedangkan meteorologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang atmosfer misalnya aktivitas cuaca seperti suhu, tekanan udara, konsentrasi uap air, dan lain sebagainya. Silakan lihat artikel di Wikipedia untuk meteorologi disini.

Mulai sekarang, jangan salah lagi metrologi dan meteorologi ya. Karena kita sudah membahasnya dalam pengenalan pengukuran ini.

Kita sudah mengenal mengenai pengukuran dan alat ukur. Kita juga mengetahui salah satu alat ukur yang ada. Selain itu, kita juga mengetahui badan yang berkaitan dengan pengukuran. Untuk mengenal lebih jauh tentang alat ukur dan alat uji, ikuti artikel kami di situs Ukur Kadar.

Sampai bertemu di artikel lainnya.