Mengenal pH Meter, Alat Ukur Kadar pH

0
BERBAGI
pH Meter dari Java Multi Mandiri
pH Meter dari Java Multi Mandiri

Pada artikel kali ini kita akan mulai mengenal pH meter. Bagi Anda yang belum mengenal pH meter atau bahkan melihatnya, sebagai referensi, bisa membaca-baca katalog pH meter kami di Digital Meter Indonesia (silakan ikuti tautan ini).

pH Meter dari Java Multi Mandiri

Mari Mengenal pH Meter?

pH meter atau alat ukur pH merupakan alat untuk mengukur konsentrasi ion hidrogen suatu cairan. Dengan mengetahui pH tersebut kita dapat menggolongkan sifat cairan tersebut berupa cairan basa atau cairan asam. Ada beberapa alat ukur pH yang dapat mengukur obyek selain cairan (contohnya pada gambar dibawah).. Secara umum, pemakaian pH meter cukup mudah. Cukup mencelupkan sensor konsentrasi ion hidrogen ke cairan yang diukur dan kadar pH bisa diketahui.

Bagaimana pH Meter Menentukan Kadar pH?

Tentu kamu bertanya-tanya bagaimana pH meter bisa mengetahui kadar pH suatu sampel. Seperti yang jelaskan di atas bahwa pH meter mengukur konsentrasi ion hidrogen pada sampel. Perlu diketahui, sensor untuk mendeteksi konsentrasi ion hidrogen pada alat ukur kadar pH berupa elektroda kaca. Semakin banyak ion hidrogen yang tertempel pada elektroda tersebut maka dapat dikatakan sampel tersebut semakin asam.

Setelah membaca penjelasan di atas pasti kamu bertanya lagi, kenapa bisa elektroda kaca tersebut dan ion hidrogen digunakan untuk penentuan kadar asam-basa suatu cairan. Penjelasannya sebagai berikut. Pada elektroda kaca tersebut sudah berisi larutan elektrolit lemah. Jika ion hidrogen terutama elektron semakin banyak yang menempel pada elektroda tersebut maka akan timbul tegangan listrik rendah. Dari sini lah kita dapat menentukan kadar pH larutan.

Semoga artikel dari CV. Java Multi Mandiri ini dapat membantu kamu mengenal alat ukur pH meter. Untuk memahami lebih banyak lagi mengenai alat ukur dan alat uji, ikuti terus artikel dari CV. Java Multi Mandiri di situs UkurKadar.com. Jika ada pertanyaan atau mau menambahkan, bisa komen-komen dibawah. Kamu bisa juga request yang mau dibahas di support@digital-meter-indonesia.com.

LEAVE A REPLY