Alat Ukur Panjang

143
0
BERBAGI
Alat Ukur Panjang
Belum ada ratings.

Alat Ukur Panjang – Dalam mengukur panjang suatu benda atau jarak antar sesuatu tentu kita membutuhkan alat ukur dalam mengukurnya. Penggunaan alat ukur dalam mengukur panjang sendiri ditentukan berdasarkan ketelitian hasil ukur yang diinginkan, ukuran besaran yang diukur hingga bentuk benda yang akan diukur.

Alat Ukur Panjang

Penggaris atau mistar, meteran, jangka sorong dan mikrometer sekrup adalah beberapa jenis alat ukur panjang yang umum digunakan dan setiap alat ukur memiliki ketelitian yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih alat ukur yang tepat untuk sebuah pengukuran.

Hasil pengukuran yang dilakukan ketepatannya akan sangat dipengaruhi oleh pemilihan jenis alat ukur yang tepat. Untuk mempermudah Anda dalam memilih alat ukur panjang, berikut adalah beberapa jenis alat ukur panjang dan penggunaannya :

Alat Ukur Panjang

1. Penggaris Atau Mistar

Mistar / penggaris adalah alat ukur panjang yang sering digunakan dengan skala terkecilnya / akurasinya 1 mm. Mistar memiliki ketelitian hingga 0,5 mm dengan cara mengukur hingga setengah dari skala terkecil. Dalam pengukuran benda – benda berbidang datar serta berdimensi kecil seperti gambar ataupun ubin dapat menggunakan penggaris atau mistar.

2. Meteran

Meteran atau disebut juga pita ukur atau tape atau Roll Meter adalah alat ukur panjang yang bisa digulung. Biasanya panjang maksimal meteran sekitar 25 – 50 meter dengan fungsi yang sama seperti penggaris. Akan tetapi meteran berdimensi lebih panjang serta terbuat dari bahan yang lebih fleksibel dari pada penggaris supaya dapat digulung serta mudah dibawa kemana – mana. Karenanya meteran dapat digunakan untuk mengukur bidang seperti tanah dan bangunan.

Namun seiring perkembangan zaman, kini meteran juga tersedia dalam bentuk digital. Meteran ini disebut dengan Meteran Laser atau Laser Distance Meter, meteran jenis ini dapat mengukur lebih panjang dibandingkan meteran biasa. Meteran ini menggunakan sinar laser yang dipancarkan dari alat ke objek tertentu untuk mengukur panjangnya jarak alat dan objek tersebut. Meteran laser terbaik ada yang memiliki tingkat keakurasian hingga 0,01 – 0,05 mm.

3. Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian alat maupun pengguna alat itu sendiri, sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Dalam versi analog, jangka sorong dapat memiliki keakurasian hingga 0,05 mm. Jangka sorong biasanya digunakan pada bengkel atau tempat – tempat yang biasa membutuhkan pengukuran panjang dengan keakurasian tinggi yang biasa digunakan untuk mengukur skrup, baik dimensi dalam maupun dimensi luarnya.

4. Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah sebuah alat ukur besaran panjang yang cukup presisi dengan tingkat ketelitian hingga 0,01 mm dan berfungsi untuk mengukur panjang / ketebalan / diameter dari benda – benda yang cukup kecil. Mikrometer sekrup biasa digunakan untuk mengukur lempeng baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar kertas dan masih banyak lagi.

Nilai Kualitas Produk :

Form Permintaan Penawaran :


* Dibutuhkan

comments powered by Disqus