Apa Bahayanya Gas Bagi Kita

152
0
BERBAGI
Bahayanya Gas Mudah Terbakar

Apa Bahayanya Gas Bagi Kita

Apa Bahayanya Gas Bagi Kita,Senyawa karbon-hidrogen yang merupakan gas alam tidak memiliki bau apapun, namun bau “bau busuk” yang belerang sering ditambahkan ke gas oleh pemasok untuk mengingatkan pemilik rumah tentang kebocoran gas di rumah mereka.

Tindakan pencegahan ini diambil karena ada bahaya yang dihasilkan dari gas alam – jika tingkatnya cukup tinggi, bisa berakibat fatal. Namun, gas alam sering disebut salah satu sumber bahan bakar paling bersih . Lebih dari jutaan rumah di Indonesia menggunakan gas alam untuk menyalakan kompor, pemanas air, dan peralatan lainnya. Selama terbakar dengan benar, gas alam tidak akan menghasilkan apapun selain uap air dan karbon dioksida.

Berikut beberapa Bahan Bakar yang menghasilkan Gas alam dengan emisi rumah kaca yang lebih sedikit :

  • Kayu
  • Batu bara
  • Minyak

Alasan mengapa gas banyak digunakan adalah bahan bakar dengan pengapian yang sangat baik. Dengan pemakaian gas yang sedikit dapat menghasilkan panas dalam jumlah besar. Namun, berbahayanya, Jika tidak di kontrol dengan baik dan mengalami kebocoran gas bisa berakibat menjadi ledakan yang merugikan begitu mudahnya.

Kebocoran gas di rumah Anda bisa sangat berbahaya, jadi Anda harus selalu memperhatikan dan tidak menganggapnya ringan. Ada beberapa langkah yang harus Anda ambil segera jika Anda menduga Anda memiliki kebocoran gas di rumah Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Kebocoran Gas di Rumah Anda?

Jika Anda menduga ada kebocoran gas di rumah Anda, hentikan apa yang Anda lakukan segera dan keluar dari rumah Anda.

Tindakan :

  • Cabut setiap sakelar listrik atau yang menyangkut kelistrikan dinonaktifkan
  • Gunakan telepon untuk menghubungi yang terkait

Menghirup konsentrasi gas alam yang tinggi bisa menyebabkan asfiksia, gejalanya meliputi kesadaran menurun, Lemas dan sakit dada. Asfiksia terjadi saat tubuh Anda kekurangan oksigen, dan semakin banyak karbon monoksida yang ada di udara, semakin sedikit oksigen yang bisa Anda hirup, yang berpotensi membahayakan  Anda. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar ratusan orang meninggal karena keracunan karbon monoksida yang tidak disengaja setiap tahun.

Apa Bahayanya Gas Bagi Kita
Apa Bahayanya Gas Bagi Kita

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Tidak Bisa Mencium Gas?

Hidung yang dingin atau pengap bisa mencegah Anda mencium bau gas saat bocor ke rumah Anda. Dan kemungkinan memiliki tingkat berbahaya gas di rumah Anda sebenarnya cukup tinggi.

Jika Anda memiliki kompor gas di rumah Anda, ada sekitar 5-15 bagian per juta gas alam di udara rumah Anda. Jika itu naik menjadi 30 bagian per juta, itu bisa sangat berbahaya, dan itu bisa terjadi hanya dengan kompor yang rusak.

Detektor gas alam atau detektor karbon monoksida dapat mengingatkan Anda jika tingkat gas di udara rumah Anda mencapai tingkat berbahaya. Anda harus selalu memasang detektor ini di rumah Anda, dan Anda harus memastikannya berfungsi dan baterai mereka selalu diisi.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Mencium Kebocoran Gas?

Jika Anda mencium kebocoran gas, jangan abaikan! Hubungi ke Agen Gas terdekat

Jika Anda mencium kebocoran di dekat alat, bisa jadi katup pembakar terbuka sedikit. Jika Anda dapat menemukan dan memperbaiki masalah Tersebut, hal itu bisa lebih baik pencegahannya.

Jika baunya kuat, atau jika Anda tidak yakin dengan keamanan Anda dan keluarga, tinggalkan rumah Anda dan kemudian hubungi kontak agen terkait. Sementara Anda menunggu agen tersebut tiba, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Jauhkan semua orang dari daerah di mana bau itu.
  • Jangan merokok .
  • Jangan menyalakan lilin apapun.
  • Jangan menyalakan  benda yang berhubungan kelistrikan apapun.
  • Jangan gunakan telepon.
  • Jangan gunakan bel pintu.
  • Jangan mengatur termostat atau alat kontrol lainnya.
  • Keluarkan semua peralatan  api  yang terbuka.

Jika Anda mencium bau gas di luar rumah, laporkan dengan segera. Jangan mencoba mencari sumbernya sendiri. Jangan memposisikan atau mengoperasikan kendaraan di dekat sumber gas.

Jika Anda mendengar gas keluar, ikuti langkah-langkah ini:

  • Hubungi Agen Anda segera dari telepon di luar rumah.
  • Jangan kembali ke dalam rumah Anda sampai hal tersebut bisa diatasi dan  aman.
  • Jauhkan orang lain dari daerah itu.

Lengkapi Peralatan di Tempat Aktifitas Anda,Agar Mengetahui Letak Kebocoran Gas dengan Gas Detector

 

Form Permintaan Penawaran :

* Dibutuhkan

comments powered by Disqus