Manfaat Oksigen Terlarut Dalam Air

282
0
BERBAGI
Manfaat Oksigen Terlarut Dalam Air
Belum ada ratings.

Manfaat Oksigen Terlarut Dalam Air – Secara alami air mengandung oksigen di dalamnya, kandungan oksigen di dalam air ini berbeda – beda tergantung dari kondisi air tersebut. Kandungan oksigen di dalam air juga menunjukkan kualitas air tersebut karena oksigen memegang peranan penting dalam proses reduksi dan oksidasi baik bahan organik maupun anorganik di dalam air.

Manfaat Oksigen Terlarut Dalam Air

Selain itu, oksigen juga menentukan kondisi biologis yang dilakukan oleh organisme aerobik atau anaerobik dimana dalam kondisi aerobik, peranan oksigen adalah untuk mengoksidasi bahan organik dan anorganik dengan hasil akhirnya adalah nutrien yang memberikan kesuburan bagi perairan tersebut.

Oksigen di dalam air juga berguna untuk mereduksi bahan kimia berbahaya menjadi senyawa lain yang lebih sederhana dan tidak berbahaya. Berbagai biota dan mikroorganisme di dalam air juga membutuhkan oksigen ini untuk bernafas.

Mengingat pentingnya kandungan oksigen di dalam air inilah membuat parameter kandungan oksigen terlarut ini menjadi penting untuk mengetahui kualitas air. Kini dengan menggunakan alat DO Meter / Dissolved Oxygen Meter kita dapat mengukur kandungan oksigen terlarut di dalam air.

Manfaat Oksigen Terlarut Dalam Air

Ada beberapa cara bagaimana oksigen dapat masuk ke dalam suatu perairan, yang pertama dapat melalui diffusi oksigen dari udara ke dalam air melalui permukaannya yang terjadi karena adanya gerakan molekul – molekul udara yang tidak berurutan karena terjadi benturan dengan molekul air sehingga O2 terikat di dalam air.

Proses diffusi ini akan selalu terjadi bila pergerakan air mampu mengguncang oksigen yang ada di udara. Dalam suatu penelitian air murni 1.000 cc pada suhu kamar mengandung 7 cc oksigen, sedangkan udara murni dalam suhu kamar mengundang 210 cc oksigen.

Dalam perairan umum, masuknya oksigen ke dalam air disebabkan karena air yang masuk sudah mengandung oksigen kecuali air tersebut berasal dari aliran air. Hal ini mengakibatkan gerakan air yang mampu mendorong terjadinya proses difusi oksigen dari udara ke dalam air.

Proses alami seperti hujan juga akan meningkatkan kandungan oksigen di dalam air. Hal ini karena air hujan akan menurunkan suhu suatu perairan sehingga kemampuan air mengikat oksigen akan meningkat. Selanjutnya bila volume air bertambah dari gerakan air, akibat jatuhnya air hujan akan mampu meningkatkan oksigen ke dalam air.

Selain itu proses seperti Asimilasi tumbuh – tumbuhan atau tanaman air yang seluruh batangnya ada di dalam air pada siang hari akan melakukan proses asimilasi. Proses inilah yang akan menambah kandungan oksigen dalam air, sedangkan pada malam hari tanaman justru akan menggunakan oksigen yang ada di dalam air.

Kandungan oksigen dalam suatu perairan dapat berkurang karena :

  • Proses pernafasan binatang dan tanaman air
  • Proses pembongkaran (menetralisasi) bahan – bahan organik di dalam air
  • Dasar perairan yang bersifat mereduksi karena hanya ditumbuhi bakteri yang anaerob saja yang dapat menimbulkan hasil pembakaran

Nilai Kualitas Produk :

Form Permintaan Penawaran :


* Dibutuhkan

comments powered by Disqus