Mikroskop dan Fungsinya

296
0
BERBAGI
Mengenal Mikroskop dan Fungsinya
Mikroskop dan Fungsinya adalah alat untuk melihat obyek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Mikros berarti benda-benda yang kecil bahkan sangat kecil. Scopein berarti melihat maupun memeriksa suatu benda. Mikroskop dan Fungsinya : alat utk melihat & memeriksa suatu benda sangat kecil,

Mikroskop dan Fungsinya

Mikroskop dan Fungsinya ~ Hi Sahabat UkurKadar, kali ini kita akan membahas mengenai mikroskop. Kita akan mengenal mikroskop dan mengetahui fungsi mikroskop secara umum.

Mikroskop adalah alat untuk melihat obyek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Kata mikroskop berasal dari Bahasa Yunani yaitu mikros dan scopein. Mikros berarti benda-benda yang kecil bahkan sangat kecil. Scopein berarti melihat maupun memeriksa suatu benda. Jadi, arti mikroskop adalah alat untuk melihat dan memeriksa suatu benda yang sangat kecil yang sulit dilihat tanpa bantuan alat.

Mengenal Mikroskop dan Fungsinya

Dalam ilmu biologi, peran mikroskop kita sadari tentu sangat besar. Tanpa alat yang ditemukan oleh Zacharias Janssen pada tahun 1608 ini, penelitian-penelitian kehidupan renik atau bagian terkecil dari mahluk hidup tentu akan sulit untuk dilakukan. Kendati demikian, kita tentu menyadari bahwa saat ini banyak dari kita yang tak tahu bagaimana cara menggunakan mikroskop. Jangankan untuk mengetahui cara menggunakan dan merawatnya, lha bagian bagian mikroskop dan fungsinya saja kadang kita tidak tahu.

Baca Juga : Alat Ukur & Uji Untuk Semua Bidang Penelitian

Menyadari pentingnya keterampilan menggunakan mikroskop dalam pembelajaran ilmu biologi, tentu dirasa perlu bagi kita sebagai siswa-siswi sekolah untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan mikroskop dengan terlebih dahulu mengenali bagian bagian mikroskop dan fungsinya secara detail. Berikut ini silakan dipahami gambar mikroskop dan bagian-bagiannya.

Mengenal Mikroskop dan Fungsinya

Bagian Mikroskop dan Fungsinya

LENSA OKULER, yaitu lensa yang dekat dengan mata pengamat lensa ini berfungsi untuk membentuk bayangan maya, tegak, dan diperbesar dari lensa objektif

LENSA OBJEKTIF, lensa ini berada dekat pada objek yang di amati, lensa ini  membentuk bayangan nyata, terbalik, di perbesar. Di mana lensa ini di atur oleh revolver untuk menentukan perbesaran lensa objektif.

TABUNG MIKROSKOP (TUBUS), tabung ini berfungsi untuk mengatur fokus dan menghubungan lensa objektif dengan lensa okuler.

MAKROMETER (PEMUTAR KASAR), makrometer berfungsi untuk menaik turunkan tabung mikroskop secara cepat.

MIKROMETER (PEMUTAR HALUS), pengatur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan mikroskop secara lambat, dan bentuknya lebih kecil daripada makrometer.

REVOLVER, revolver berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa objektif dengan cara memutarnya.

REFLEKTOR, terdiri dari dua jenis cermin yaitu cermin datar dan cermin cekung. Reflektor ini berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cermin ke meja objek melalui lubang yang terdapat di meja objek dan menuju mata pengamat. Cermin datar digunakan ketika cahaya yang di butuhkan terpenuhi, sedangkan jika kurang cahaya maka menggunakan cermin cekung karena berfungsi untuk mengumpulkan cahaya.

DIAFRAGMA, berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk.

KONDENSOR, kondensor berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk, alat ini dapat putar dan di naik turunkan.

MEJA MIKROSKOP, berfungsi sebagai tempat meletakkan objek yang akan di amati.

PENJEPIT KACA, penjepit ini berfungsi untuk menjepit kaca yang melapisi objek agar tidak mudah bergeser.

LENGAN MIKROSKOP, berfungsi sebagai pegangang pada mikroskop.

KAKI MIKROSKOP, berfungsi untuk menyangga atau menopang mikroskop.

SENDI INKLINASI (PENGATUR SUDUT), untuk mengatur sudut atau tegaknya mikroskop.

Kategori : Fungsi dan Bagian Mikroskop

Form Permintaan Penawaran :

* Dibutuhkan

comments powered by Disqus