Suhu Tubuh Normal

101
0
BERBAGI
Suhu Tubuh Normal

Suhu Tubuh Normal – Suhu tubuh adalah ukuran dari kemampuan tubuh dalam menghasilkan dan menyingkirkan hawa panas, dengan memahami suhu tubuh sangatlah penting untuk mengetahui indikasi adanya penyakit yang serius. Lantas berapa suhu tubuh normal? dan apa pengaruh suhu tubuh terhadap kesehatan kita?

Suhu Tubuh Normal

Mungkin selama ini kita mengetahui bahwa suhu tubuh normal kita sekitar 37 derajat Celcius, nilai tersebut merupakan nilai rata – rata suhu tubuh kita. Namun kenyataannya suhu tubuh kita tidak selalu tepat pada angka tersebut, suhu tubuh kita berkisar antara 36,5 – 37,2 derajat Celcius.

Suhu ini masih dapat naik turun tergantung dari jenis aktivitas yang kita lakukan. Biasanya suhu tubuh dapat naik sekitar 0,6 derajat celcius ketika berada di ruangan yang panas atau saat sedang berolahraga. Contoh lainnya adalah ketika seorang wanita berovulasi atau saat siklus menstruasi. Suhu tubuh ini masih dapat naik dan turun seiring dengan aktivitas tubuh kita.

Lantas apakah bila suhu tubuh terlalu tinggi atau rendah berbahaya?

Suhu tubuh rendah

Saat suhu tubuh kita terlalu rendah maka kita sedang mengalami hipotermia, kondisi ini dapat mengancam jiwa kita. Hal ini karena hipotermia akan memperlambat sistem kerja saraf dan berujung pada kegagalan fungsi organ jantung dan pernapasan, serta kematian.

Saat suhu tubuh kita berada di bawah 35 derajat celcius maka kita sedang mengalami hipotermia, hal ini menyebabkan tubuh lebih cepat kehilangan panas dibanding menghasilkannya. Hal ini bisa terjadi bila kita terlalu lama terkena udara dingin atau berada di tempat yang dingin, tidak memakai pakaian yang hangat dan kering atau tercebur ke dalam air dingin.

Kita juga harus memahami ciri – ciri orang yang mengalami hipotermia, ciri orang dewasa yang mengalami hipotermia adalah mulai menggigil, bicara tidak jelas, pernapasan yang pendek dan pelan, serta perlahan – lahan kesadarannya mulai menghilang, sedangkan pada bayi gejalanya adalah kulit dingin dan berwarna merah.

Jika kita mulai mengalami kedinginan maka pakailah pakaian yang lebih tebal dan hangat serta usahakan agar tubuh selalu kering. Pastikan juga Anda mengkonsumsi minuman hangat yang tidak mengandung alkohol maupun kafein. Bila seseorang sudah mengalami hipotermia maka sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit karena ini merupakan kondisi yang sudah darurat.

Suhu tubuh tinggi

Sedangkan bila suhu tubuh kita berada di titik lebih dari 40 derajat Celcius maka ini disebut Hipertermia. Kondisi ini terjadi karena tubuh gagal mengatur suhu sehingga suhu tubuh pun terus meningkat, sengatan panas akan dirasakan oleh orang yang mengalami hipertermia.

Hipertermia ini berbeda dengan demam, seseorang dikatakan mengalami demam ketika suhu tubuhnya berada di atas 37,5 derajat Celcius. Namun demam ini bisa kembali ke titik suhu normal ketika Anda mengonsumsi obat penurun panas, seperti aspirin atau paracetamol. Demam ini merupakan peningkatan suhu tubuh dalam tingkat yang sepenuhnya terkendali oleh sistem pengaturan suhu tubuh, berbeda dengan hipertermia yang sudah di luar kendali sistem tersebut.

Sengatan panas ini biasanya dialami ketika seseorang berada di lingkungan yang panas dan tubuh tidak mampu mendinginkan diri secara efektif, kemudian suhu tubuh yang tinggi dan berkelanjutan ini dapat menyebabkan dehidrasi parah sehingga organ tubuh seperti otak dapat mengalami kerusakan.

Sama halnya dengan hipotermia, orang yang mengalami hipertermia juga membutuhkan pertolongan medis secara cepat. Saat suhu tubuh orang dewasa mencapai atau berada di atas 39,4 derajat Celcius dan anak – anak dengan suhu tubuh 38 derajat Celcius maka sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

Cara Mengukur Suhu Tubuh

Untuk mengukur suhu tubuh tentu kita dapat menggunakan termometer karena hasilnya akan lebih akurat. Berikut adalah beberapa jenis termometer yang dapat Anda gunakan :

Sesuai namanya, termometer berbentuk kerucut kecil ini digunakan pada telinga dan suhu tubuh bisa terlihat di layar digital dalam hitungan detik.

  • Termometer elektronik

Terbuat dari plastik dan ujungnya menyerupai pensil yang biasa digunakan pada ketiak, mulut, atau rektum (anus). Jenis ini mudah digunakan dan dibaca.

  • Termometer dahi

Termometer ini menggunakan suhu kulit untuk menentukan suhu tubuh yang berbentuk tipis ini cukup ditempel pada dahi.

  • Termometer arteri temporal

Bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh pada bagian dahi.

Form Permintaan Penawaran :


* Dibutuhkan

comments powered by Disqus